8 Des 2013

Sukses Ala Bule Indonesia

"Sebenernya post yang sekarang beda dari post-post gue yang lainnya, ceritanya gue dapet tugas dari kampus buat bikin berita, jadi gue mikir daripada jauh-jauh buat wawancara kesana kesini, mending kisah sukses saudara gue sendiri aja yang dijadiin berita, sekalian promosi di blog gue juga sih :D
bukan berarti wawancara saudara sendiri bakalan lebih mudah, sumpah pas wawancara malah gue yang gugup dan keringet dingin tapi alhamdulillah lancar, oke deh langsung aja cekidot beritanya"




Caci maki sebagai orang miskin tak lantas menjadikan Angga Setia Galih marah dan kecewa pada keadaannya, tetapi hal tersebut malah dijadikannya sebagai cambuk semangat untuk merubah keadaannya.

Lahir pada tanggal 04 Juni 1984 di kota Bandung, Angga Setia Galih yang biasa dipanggil "Bule" membangun bisnisnya dari modal yang bisa dibilang minim yaitu sebesar Rp 600 ribu tapi sekarang bisnis yang bergerak dalam penjualan Handphone ini telah mampu memberikan pemasukan sebesar Rp 180 juta per bulan.

Perkembangan teknologi di dunia berpengaruh terhadap daya beli masyarakat Indonesia, dimana nilai Handphone yang ada saat ini bukan hanya sebatas alat untuk berkomunikasi saja tetapi juga sebagai alat yang mampu memberikan daya tawar dan meningkatkan status sosial di masyarakat. 

Di Indonesia Handphone itu udah jadi gengsi tersendiri khususnya Blackberry, dimana kalo anda tidak memakai Handphone yang bisa Blackberry Messenger maka anda akan merasa terasing. Saya berpikir itu merupakan peluang emas, karena memiliki Handphone Blackberry seakan menjadi keharusan di masyarakat, jadi saya membeli Handphone Blackberry rusak ataupun bekas lalu saya perbaiki dan saya jual kembali,” ungkap Angga Setia Galih.

Setelah kurang lebih selama 6 bulan melakukan jual-beli dan memperbaiki Handphone yang rusak, Angga Setia Galih mulai membuka Counter Handphone yang hanya menjual satu jenis merk Handphone.

Yang harus diperhatikan didalam bisnis penjualan yaitu segmentation, targeting dan positioning, saat itu saya berpikir masyarakat ga akan perduli pake Handphone apapun, tapi yang penting bisa BBM-an, jadi saya jual Handphone Blackberry CDMA yang harganya murah tapi tetap bisa BBM-an,” jelas Angga Setia Galih lebih lanjut.

Seiring makin berkembangnya usaha yang dimiliki oleh Angga Setia Galih, maka muncul juga kendala-kendala yang terkadang membuat gagal suatu usaha tetapi beliau menganggap bahwa kegagalan itu tidak ada dan cuma rekayasa pikiran kita saja. 

Seperti kejadian yang pernah dialaminya disaat beliau berpikir bahwa permintaan pasar sangat banyak jadi beliau harus menyiapkan barang yang lebih banyak pula.

Saya pernah memesan Handphone Blackberry sebanyak 2000 unit, tapi ada kabar bahwa Blackberry akan mengeluarkan BBM antar platform yang nantinya Handphone selain Blackberry juga bisa BBM-an, seharusnya saya rugi dengan adanya hal tersebut tetapi Alhamdulillah saya bisa menjual semua barang yang ada dan tetap mendapatkan untung,” ujar lulusan S1 Ekonomi salah satu Universitas Swasta di Bandung tersebut.


 
Kini usaha yang dulu hanya sebuah Counter Handphone biasa telah berhasil berkembang pesat, hanya dalam waktu satu setengah tahun dengan kemampuan insting bisnis dan hoki yang dimiliki,
Angga Setia Galih telah berhasil mengembangkannya menjadi Premium Store yang berada di Jl. Otto Iskandardinata No. 378 Bandung, Jawa Barat ini diberi nama Tian Cell. 

Strategi kerjasama yang dilakukan Angga Setia Galih dengan salah satu Vendor Telekomunikasi dan Gadget yang ada di Indonesia sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan bisnis yang dimiliki beliau dan juga memberikan andil besar terhadap Vendor tersebut, hal ini ditunjukkan dengan penghargaan yang diberikan kepada Premium Store Tian Cell sebagai “Smartfren Gadget Outlet Terbaik Se Jawa Barat”.

Kesuksesan yang telah diraih oleh saudara Angga Setia Galih tidak semata-mata menjadikan beliau berbangga hati ataupun membusungkan dada tetapi oleh beliau hal tersebut dijadikan pengingat dan penyemangat agar menjadi lebih baik. 



Sukses itu ga bisa dinilai dari penghargaan yang saya dapat, tetapi bagaimana saya menjadi lebih sering bersyukur dan merasa bahagia,” 

jawab beliau ketika menanggapi kesuksesan yang sudah diraih.

Selain melakukan penjualan Handphone secara langsung di Premium Store Tian Cell, Angga Setia Galih juga melakukan penjualan dan promosi melalui iklan berjalan dengan cara “mendandani” mobilnya dengan tempelan Tian Cell

tidak berhenti di situ saja tetapi dunia maya pun dimanfaatkan beliau sebagai media untuk promosi dengan cara membuat iklan di forum terbesar Indonesia yaitu KASKUS 

sehingga kini pelanggannya tidak hanya berkisar di Jawa Barat tetapi tersebar mulai dari wilayah Pulau Jawa, Jakarta, Banten, Jogja, Surabaya bahkan hingga ke Wilayah Sumatera seperti Palembang, Lampung dan Aceh dengan omset Rp 180 juta per bulan.



"segitu dulu kisah inspiratif bikinan gue, menurut gue sih sukses itu dimulai dengan keinginan orang tersebut untuk sukses...ciawww!!!"

Facebook Comment !!

3 comments:

  1. alhamdulillah. Sukses trs bule. Ajak si obay meh teu ngeband wae. Tom2 jg sukses utk usaha'y menjadi maju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin kk, ko juga su sukses toh...kapan maen2 ke bandung kk

      Hapus
  2. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus